7 Kebiasaan Sederhana Bisa Bantu Meningkatkan Kecerdasan Otak

Posted on

Untuk meningkatkan kecerdasan otak, kita bisa memulainya melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana. Semakin bertambah usia kadang daya ingat jadi makin menurun. Belum lagi dengan tingkat stres yang semakin tinggi karena tuntutan pekerjaan dan hal lainnya.
Agar otak kita tidak “tertidur” dan tetap aktif melakukan fungsinya dengan baik, ada beberapa kebiasaan yang bisa kita lakukan. Kita bisa mulai dari kebiasaan-kebiasaan yang sekiranya paling mudah untuk dilakukan. Selengkapnya, yuk simak keterangannya berikut ini.

1. Membaca Sesuatu yang Baru
Luangkan waktu untuk membaca. Membaca apapun yang baru dan menarik minat kita. Dilansir dari lifehack.org, meluangkan sedikit waktu untuk memabca hal yang menyenangkan sudah bisa membuat pikiran kita tetap aktif. Dengan meningkatnya wawasan, makin luas juga ilmu yang bisa kita dapat.

2. Berbagi dan Menerapkan Pengetahuan Baru
Belajar hal baru memang penting. Tapi berbagi pengetahuan baru bisa terasa lebih bermanfaat dan bermakna. Menerapkan atau mengaplikasikan pengetahuan baru pun bisa membuat fungsi otak bisa terus bekerja dengan optimal.

3. Melakukan Hal Baru yang Dulu Paling Dihindari
Kembali asah otak dengan melakukan hal baru yang dulu mungkin paling kita hindari dan takuti. Rasa gelisah dan takut yang muncul merupakan hal yang lumrah dan normal terjadi. Tapi begitu kita bisa menaklukkannya, akan ada pengetahuan baru yang bisa kita peroleh dan meningkatkan fungsi otak jadi lebih baik.

4. Olahraga
Dikutip dari inc.com, ada penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga rutin merupakan cara terbaik untuk mengatasi depresi, bahkan olahraga bisa jadi obat anti depresi terbaik. Olahraga juga bisa bantu menjaga fungsi otak kanan dan kiri bekerja dengan lebih efisien. Olahraga angkat beban, yoga, atau sekadar jalan santai, selama kita menggerakkan anggota tubuh, maka kesehatan otak bisa ikut terjaga dengan baik.

5. Konsumsi Makanan yang Kaya Anti Oksidan
Stres bisa meningkatkan dampak buruk radikal bebas rule bisa menurunkan kekebalan tubuh dan fungsi otak. Konsumsi makanan yang kaya anti oksidan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Sayuran seperti brokoli, kale, kembang kol, asparagus, wortel, dan buah bit bisa kita konsumsi secara teratur. Buah-buahan seperti aneka buah beri, alpukat, dan tomat juga bisa bantu menurukan stres dan menjaga kesehatan otak kita.

6. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh Setiap Hari
Dehidrasi bisa menyebabkan letargi, menurunnya daya konsentrasi, dan bisa mengganggu kemampuan kognitif kita. Jangan sampai kecerdasan otak menurun gara-gara kita mengabaikan pentingnya mencukupi kebutuhan cairan tubuh ini. Setiap pagi setelah bangun tidur, minum dua gelas air putih. Setelah itu selalu bawa botol minuman untuk diisi air dan diminum setiap kali kita membutuhkannya.

7. Bermain Game
Bermain game puzzle atau memecahkan teka-teki bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak. Sebab dengan melakukan permainan tersebut, kemampuan berpikir logis dan memecahkan masalah akan terasah. Hal ini pun bisa memberi dampak positif pada berbagai aspek lain di kehidupan kita. Bermain game Tetris pun bisa jadi salah satu cara mudah untuk melepas stres sekalis meningkatkan kecerdasan otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *